Marbel Kereta Api – SU

Konten Berbahaya : Tidak Ada
Platform : Android
Publisher : Educa Studio

Game Marbel Kereta Api adalah game edukasi untuk semua umur dengan mekanik drag & drop dan swipe, yang mendidik para pemainnya untuk belajar tentang kereta api. Dalam game ini, pemain dapat belajar bagaimana alur menggunakan jasa kereta api,  cara membeli tiket kereta api, cara membersihkan kereta api, serta cara memperbaiki kereta api.

Cara bermain video game ini adalah dengan menyentuh pilihan yang benar yang ditampilkan pada layar. Pemain diminta untuk mengingat gambar, mencocokan gambar, memilah pilihan, mengenal angka, berhitung, menghubungkan garis, serta melakukan gerakan sesuai instruksi. Pemain tidak dapat melanjutkan permainan hingga jawaban atau instruksi benar dilakukan. Setiap tahap yang selesai dilalui, pemain mendapat hadiah bintang. Bintang yang telah dikumpulkan dapat ditukarkan untuk membuka fitur yang terkunci.

Game terbagi menjadi 2, yaitu game utama dan mini-game.

Game utama menceritakan tentang beberapa calon penumpang kereta api yang menunggu instruksi agar dapat menggunakan jasa kereta api. Disini pemain berperan sebagai pemandu mereka. Mulai dari pemesanan tiket, pembayaran, pemilihan kereta, layanan penumpang (konsumsi dan toilet), hingga pemilihan tempat pemberhentian.

Mini-game menceritakan tentang kereta api yang akan dipakai belum siap digunakan. Terdapat dua masalah yang terjadi, yaitu kereta api kotor dan kereta api rusak. Dan dua masalah tersebut membagi mini-game menjadi dua, yaitu Cuci Kereta dan Reparasi. Dalam mode Cuci Kereta, pemain diminta untuk membersihkan kereta sesuai dengan prosedur yang sudah ada. Sedangkan dalam mode Reparasi, pemain diminta untuk memperbaiki kereta dengan alat yang tersedia.

Tokoh/ Karakter dalam game    :

  1. Gadis Masinis : berperan sebagai karakter yang memberikan instruksi dan panduan kepada pemain
  2. Si Kucing Putih (cewek) : berperan sebagai salah satu penumpang kereta api
  3. Si Penguin (cowok) : berperan sebagai salah satu penumpang kereta api
  4. Si Anjing (cowok)                 : berperan sebagai salah satu penumpang kereta api
  5. Si Gajah (cowok) : berperan sebagai salah satu penumpang kereta api
  6. Si Kucing Coklat (cowok) : berperan sebagai salah satu penumpang kereta api

 

Yang perlu Orang Tua Perhatikan

Peran orang tua/ wali adalah sebagai pendamping sekaligus memberikan penjelasan instruksi dan cara bermain, serta menjawab pertanyaan-pertanyaan anak. Perhatikan pula durasi bermain anak.