Beranda Artikel Program Belajar Merdeka tapi Bertujuan

Program Belajar Merdeka tapi Bertujuan

4596
289

Tak dapat dipungkiri bahwasanya pengetahuan dan ilmu adalah konstruksi utama dari peradaban. Hal yang tentu saja telah disadari sejak ribuan tahun lalu, saat Hammurabi menuliskan teks hukum pertama yang dikenal manusia. Karya tulis itu dalam bahasa Akkadia yang digunakan di Babilonia kuno, dikenal pula sebagai code of Hammurabi yang waktu penulisannya diprakirakan di antara 1755 sampai dengan 1750 tahun sebelum masehi.

Juga saat abad ke 7 Brahmagupta memperkenalkan angka nol yang menjadi notasi pembawa perubahan fundamental di dunia, karena dari hadirnya lah lahir konsep binari dan dan sistem komputasi sampai data terkoneksi hari ini. Bahkan semua formula yang membutuhkan model matematika memerlukan kehadirannya. Meski sejarah juga mencatat bahwa sejak 300 SM bangsa Babilonia juga sudah memiliki notasi untuk kosong, tapi sejak 0 dari India yang kemudian dibawa ke Bayt Al Hikmah dalam bentuk kitab yang dibawa oleh seorang astronom India ke Khalifah Al Mansyur di Baghdad, mulai terjadilah revolusi dalam matematika. Kitab matematika India itu sendiri dalam katalog perpustakaan Bayt Al Hikmah, tercatat sebagai Shind Al Hindi Kabir .

Kelak dari isi kitab itulah Bapak Aljabar dunia, Al Khawarizmi terinspirasi untuk memperbaiki beberapa persamaannya dengan memasukkan angka nol. Selanjutnya beliau menulis hasil perhitungan ulang dan teori-teori barunya setelah mengenal angka 0 dalam sebuah kitab yang berjudul Algoritmi de Numero Indorum. Dan dari inspirasi yang terkandung dalam kitab inilah lahir konsep dan pendekatan algoritma.

Maka hari ini kita belum tentu mengenal Tokopedia, Bjorka, ataupun Cambridge Analytica, tanpa adanya penemuan angka, angka nol, metoda komputasi, dan tentu saja aksara sebagai sarana literasi.

Selanjutnya dari tahap literasi akan berkembang edukasi dan juga riset serta inovasi. Ini rahim bagi kelahiran teknologi. Mulai dari penemuan roda sampai ke alat transportasi bercatudaya berbagai jenis energi. Mulai dari penemuan sifat arus listrik sampai pemanfaatan fiber optik. Mulai dari penemuan berbagai sifat elemen kimia dalam tabel Mendeleyev sampai ke pemanfaatan teknologi Maglev.

Di satu titik, penguasaan ilmu yang semakin strategis memerlukan suatu konstruksi replikasi dan pengembangan keilmuan yang dapat menjamin proses alih informasi dan penguasaan keilmuan yang dapat memastikan bahwa ilmu dan pengetahuan yang dipelajari dapat memberikan hasil setara dengan yang sebelumnya, dan tentu lebih baik lagi jika menjadi lebih berdayaguna serta dapat berkontribusi secara adekuat (berkesinambungan) dan maksimal.

Untuk itu pendidikan diharapkan memiliki keluaran (outcome) yang identik dengan karakteristik peserta didik yang telah dikonstruksi semenjak awal. Dan pada gilirannya tentu akan memerlukan suatu pendekatan instruksional berikut model institusinya yang bersifat deterministik-mekanistik. Semangat memerdekakan ilmu dan pengetahuan dapat termarjinalkan dalam peran institusi pendidikan sebagai manufaktur peradaban yang berada dalam tekanan tuntutan kebutuhan sumber daya dari industri yang membutuhkan.

Padahal konsep awal pendidikan dan pengembangan kampus adalah adanya tempat belajar bermetodologi yang dapaz menjamin kesahihan dan keabsahan materi dalam disiplin ilmu yang diajarkan. Memberi bekal intelektualitas agar peserta didik dapat menjadi manusia terdidik yang kreatif dan inovatif serta kontrubutif terhadap permasalahan yang berkembang secara dinamis di habitatnya.

Maka pendirian universitas pertama di abad ke 9, di Maroko tepatnya, ditujuan sebagai benteng pemelihara keilmuan agar dapat dipelajari dan dikembangkan secara lintas generasi.

Didirikan oleh Fatimah Al-Fihri, Al-Qarawiyyin adalah Universitas tertua di dunia, yang telah mulai beroperasi sejak 859 M. Institusi pendidikan tinggi ini adalah universitas pertama di dunia. Universitas Al-Qarawiyyin terletak di kota Fez, dan tercatat di Guinness Book of World Records dan UNESCO, sebagai perguruan tinggi tertua dunia.

Pada abad berikutnya berturut-turut berdiri perguruan tinggi Al Azhar di Mesir yang dibangun di masa kejayaan dinasti Fatimiyah dan dipersembahkan sebagai bentuk apresiasi terhadap Fatimah Az Zahra, putri terkasih Rasulullah SAW. Sejarah mencatat Abu Tamim Maad al Muizz li Dinillah (Al Moezz) Khalifah Fatimiyah keempat dan imam Ismaili ke-14 dan menjabat dari 953 sampai 975, adalah salah satu inisiator berdirinya perguruan tinggi Al Azhar.

Dari catatan sejarah, upaya pendirian perguruan tinggi ini juga berkorelasi dengan upaya mengembangkan peradaban yang sudah sejak awal didesain untuk bersifat sciencetific based . Sehingga pada masa pemerintahan Al Moezz, pusat kekuatan dinasti Fatimiyah dipindah ke ibukota negara baru di wilayah Mesir pada masa itu.

Dinasti Fatimiyah mendirikan kota al-Qahirah (Kairo) yang artinya “Kemenangan” pada 969 sebagai kota yang diharapkan menjadi center of excellent peradaban pada masanya. Maka tak heran pusat pendidikan dan perniagaan difokuskan untuk dikembangkan di ibu kota baru tersebut, termasuk perguruan tinggi yang kelak dikenal sebagai Universitas Al Azhar.

Pendirian Al-Azhar ini kemudian diikuti oleh Alma Mater Studiorum Universita di Bologna, yang mulai beroperasi sejak 1088. Lalu menyusul Universitas Paris dan Oxford, serta tetangganya, Cambridge mewarnai percaturan pendidikan tinggi di wilayah benua biru.

Inovasi dan teknologi berkembang seiring dengan kajian dan riset saintifik yang terus melaju tak terhalang. Konsekuensinya adalah lahir komodifikasi keilmuan dengan conveyor belt berupa proses pendidikan sistematik berjenjang dalam konsep ekosistem industri pendidikan. Produknya adalah komoditas cendekia yang fit dengan dinamika kebutuhan di dunia kerja yang notabene adalah dunia industri juga. Mulai dari jasa sampai manufaktur, berawal dari peneliti dan keahlian profesi, sampai berbagai jenjang vokasional yang lahir seiring dengan tuntutan fungsi dan teknologi. Kita mengembangkan ilmu dan ilmu mengembangkan kita agar sesuai dengan derajat perubahan yang telah diinisiasi.

Tentu secara filsafat ilmu, pendekatan ontologi yang digagas Thales, Plato, dan Aristoteles masih relevan dengan perkembangan sistem pendidikan saat ini. Konsep kajian kongkret terhadap suatu kondisi adalah dasar dari lahirnya cara berpikir bermetodologi yang mengedepankan objektivitas dalam proses pengamatan dan pengukuran.

Sementara secara hakikat tentu diperlukan penelusuran epistemologis yang meliputi pembahasan tentang asal mula, sumber, ruang lingkup, nilai validitas, dan kebenaran dari pengetahuan.

Sedangkan nilai dan norma secara aksiologis adalah perancah bagi konstruksi pemikiran yang utuh dan tertata serta mengikuti pola pemahaman yang telah dikembangkan melalui berbagai pendekatan, termasuk pendekatan empirisme dalam ranah ontologi.

Persoalan yang berkembang adalah lahirnya desakan kebutuhan untuk melakukan standarisasi dalam sistem pendidikan
Sebagaimana layaknya sebuah industri, maka komoditas pendidikan seolah harus memenuhi proses QC, dan itu diawali dari penentuan tujuan, mekanisme, sampai evaluasi melalui berbagai model asessment.

Perkembangan penerapan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang, pada gilirannya juga akan mendorong pertumbuhan pohon keilmuan yang jumlah percabangannya kini bisa bersifat eksponensial. Rimbun dan banyak cabang yang saling silang berkelindan dan beririsan. Lalu dari pohon ilmu itu pulalah dibangun “cetak biru” sistem pendidikan yang mengedepankan konsep repetitif replikatif, dan ajeg dalam mempertahankan kualitas hasil lulusan.

Semua topik dalam materi pembelajaran harus sudah sesuai dengan tujuan dan sub tujuan serta alokasi waktu dan model pembelajarannya. Metoda dan materi akan terstandarisasi dan capaian keluaran sejak awal telah dapat ditentukan, sehingga model asessment dalam proses evaluasi sudah dapat mengukur kapasitas akademik dan kompetensi yang akan dihasilkan. Dalam beberapa disiplin ilmu tertentu bahkan uji kompetensi sudah menjadi persyaratan dalam perolehan kewenangan untuk berhak menjalankan layanan profesional.

Sebagai contoh di perguruan tinggi misalnya, untuk kegiatan akademik dalam satuan waktu semester sudah ada Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Dimana RPS adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan.

Untuk itu di tingkat program studi akan dielaborasi beberapa pendekatan yang lebih teknis seperti adanya Capaian Pembelajaran Lulusan dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah . Dimana CPL dinyatakan sebagai kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja selama mahasiswa menempuh pembelajaran di perguruan tinggi.

Ada pula pengukuran berbagai indikator lain, khususnya terkait dengan luaran seperti pengukuran capaian PLO (Program Learning Outcome) yang didefinisikan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Pengukuran PLO ini dilakukan dengan melakukan kategorisisasi terhadap CLO (Course Learning Outcome) yang didapat dari masing-masing nilai mata kuliah.

Lumayan kompleks ya ? Akan tetapi secara filosofis tampak benang merah yang menghubungkan berbagai proses terkait proses akademik tersebut semata ditujukan agar kualitas lulusan dapat memenuhi kriteria standar yang telah ditetapkan, serta dapat mengamalkan ilmu yang telah didapatkan di berbagai tempat, sesuai dengan sebaran kebutuan dari industri atau sektor lain yang membutuhkan.

Intinya pendidikan tinggi kita saat ini dapat diasumsikan tengah menjalani sebuah proses deterministik dengan pola berulang, dimana dosen dan sarana-prasarana belajar adalah bagian dari suatu conveyor belt yang bertugas menjadi satu unit industri yang berjalan linier.

Tentu model belajar hibrid atau blended learning yang pasca pandemi banyak menjadi pilihan, kita harapkan tidak hanya sekedar menjembatani kebutuhan belajar mengajar dalam konteks delivery, melainkan juga dapat menyentuh berbagai aspek yang lebih fundamental seperti arah dan model pendidikan merdeka yang dapat mengakomodir keunggulan nilai pendidikan eksisting, serta berbagai dinamika terkait dengan minat, bakat, peluang/kesempatan yang ada pada peserta didik.

Di lain pihak, tentu saja kemampuan esensial minimum akademik harus terpenuhi sebagai prasyarat peserta didik dapat mengembangkan keilmuan di tahap selanjutnya. Di sisi lain pengayaan dan perspektif akademik terhadap kebutuhan ilmu yang diminati dapat memberikan kemerdekaan peserta didik untuk belajar melalui berbagai cara. Magang, mengambil mata kuliah elektif yang diperluas, dimana pengertian mata kuliah elektif adalah mata kuliah yang dipilih oleh peserta didik dari sejumlah pilihan yang disediakan oleh institusi penyelenggara pendidikan tinggi dan berasal dari daftar mata kuliah pilihan. Atau bahkan mengambil mata kuliah pilihan lintas disiplin serta mengembangkan atau terlibat dalam proses penelitian yang diharapkan dapat memperluas cakrawala keilmuan.

Sebagian dari fungsi-fungsi ini sudah terakomodir oleh program MBKM (merdeka belajar kampus merdeka) nya Mas Menteri. Hal yang perlu kita kembangkan lebih lanjut adalah pembebasan konsep deterministik dalam belajar dengan memberi ruang stokastik, dimana probabilitas yang tercipta diharapkan dapat mendorong lahirnya kreativitas dan proses belajar bertujuan yang merupakan hasil kesepakatan antara institusi dan peserta didik. Sehingga perguruan tinggi sebagai rahim dari peradaban dapat berperan sebagai tabung reaksi yang menyediakan media bagi terjadinya reaksi antar unsur di dalamnya dengan dibantu oleh enzim katalis dalam bentuk kurikulum dan materi belajar yang adaptif terhadap dinamika perubahan dan shifting tuntutan kebutuhan di dunia nyata. 🙏🏿🇲🇨

289 KOMENTAR

  1. Hmm is anyone else having problems with the pictures on this blog loading?
    I’m trying to find out if its a problem on my end or if it’s the blog.

    Any responses would be greatly appreciated.

  2. Acheter mГ©dicaments sans ordonnance sur internet [url=http://pharmacieenligne.icu/#]pharmacie ouverte[/url] Pharmacies en ligne certifiГ©es

  3. Definitely believe that that you stated. Your favorite reason seemed to
    be at the net the simplest thing to take into accout of.
    I say to you, I certainly get annoyed while folks think about issues that they just do not realize about.
    You controlled to hit the nail upon the highest as well as defined out the entire thing with no need side-effects
    , other folks can take a signal. Will probably be again to get more.

    Thank you

  4. Hi there, I think your web site might be having browser compatibility problems.
    Whenever I look at your website in Safari, it looks fine however, if opening in IE,
    it’s got some overlapping issues. I simply wanted to provide you with a quick heads up!
    Aside from that, excellent site!

  5. Служба поддержки После входа на официальный сайт Daddy Casino у пользователей могут возникнуть различные вопросы. Оперативно ответить на них поможет служба поддержки. daddy зеркало рабочее на сегодня прямо сейчас – бк Дэдди работающее зеркало сейчас на сегодня: [url=https://fran-style.ru/]https://fran-style.ru/[/url]
    Способы пополнения/вывода Пополнить счет и вывести выигрыш можно с помощью таких платежных систем: Банковская карта. Электронные кошельки. Платежные системы. Электронные ваучеры. Криптовалюта. Используйте для депозитов и выводов одну платежную систему.
    Как работает кешбэк в «дэдди» Кешбэк может быть начислен клиентам, которые прошли верификацию не ранее чем 30 дней назад. Подсчет суммы проигранных средств производится букмекером автоматически. Клиент оформил ставки за месяц на 250 000 рублей, из которых часть пари оказалась проигрышными – на сумму 100 000 р. Если беттор подходит под условия акции, то в течение первых трех дней нового месяца ему будет начислено на бонусный счет 100 000/10 = 10 000 р. Обратите внимание, что до проставления суммы возврата согласно правилам отыгрыша, вознаграждение не может быть использовано с основного счета для оформления ставок или выплаты выигрыша.

  6. Hello there, I discovered your website by the use of
    Google at the same time as looking for a comparable subject,
    your web site came up, it seems good. I have bookmarked it in my google bookmarks.

    Hello there, just changed into alert to your weblog through Google, and located that it is truly informative.
    I am going to watch out for brussels. I’ll be
    grateful should you continue this in future.
    A lot of other people might be benefited from your
    writing. Cheers!

  7. В настоящее время наши дни могут содержать неожиданные расходы и экономические трудности, и в такие моменты каждый ищет надежную поддержку. На сайте получить займ в Минске вам помогут без избыточной бюрократии. В своей роли агента я стремлюсь поделиться этими сведениями, чтобы помочь тем, кто столкнулся с временными трудностями. Наша система обеспечивает честные условия и эффективное рассмотрение запросов, чтобы каждый мог решить свои денежные проблемы оперативно и без лишних затрат времени.

  8. Bản cài đặt B29 IOS – Giải pháp vượt trội cho các tín đồ iOS

    Trong thế giới công nghệ đầy sôi động hiện nay, trải nghiệm người dùng luôn là yếu tố then chốt. Với sự ra đời của Bản cài đặt B29 IOS, người dùng sẽ được hưởng trọn vẹn những tính năng ưu việt, mang đến sự hài lòng tuyệt đối. Hãy cùng khám phá những ưu điểm vượt trội của bản cài đặt này!

    Tính bảo mật tối đa
    Bản cài đặt B29 IOS được thiết kế với mục tiêu đảm bảo an toàn dữ liệu tuyệt đối cho người dùng. Nhờ hệ thống mã hóa hiện đại, thông tin cá nhân và dữ liệu nhạy cảm của bạn luôn được bảo vệ an toàn khỏi những kẻ xâm nhập trái phép.

    Trải nghiệm người dùng đỉnh cao
    Giao diện thân thiện, đơn giản nhưng không kém phần hiện đại, B29 IOS mang đến cho người dùng trải nghiệm duyệt web, truy cập ứng dụng và sử dụng thiết bị một cách trôi chảy, mượt mà. Các tính năng thông minh được tối ưu hóa, giúp nâng cao hiệu suất và tiết kiệm pin đáng kể.

    Tính tương thích rộng rãi
    Bản cài đặt B29 IOS được phát triển với mục tiêu tương thích với mọi thiết bị iOS từ các dòng iPhone, iPad cho đến iPod Touch. Dù là người dùng mới hay lâu năm của hệ điều hành iOS, B29 đều mang đến sự hài lòng tuyệt đối.

    Quá trình cài đặt đơn giản
    Với những hướng dẫn chi tiết, việc cài đặt B29 IOS trở nên nhanh chóng và dễ dàng. Chỉ với vài thao tác đơn giản, bạn đã có thể trải nghiệm ngay tất cả những tính năng tuyệt vời mà bản cài đặt này mang lại.

    Bản cài đặt B29 IOS không chỉ là một bản cài đặt đơn thuần, mà còn là giải pháp công nghệ hiện đại, nâng tầm trải nghiệm người dùng lên một tầm cao mới. Hãy trở thành một phần của cộng đồng sử dụng B29 IOS để khám phá những tiện ích tuyệt vời mà nó có thể mang lại!

  9. Glaucoma treatment at MCI Clinic is designed to effectively manage and control intraocular pressure to prevent vision loss. Our team employs advanced diagnostic tools and personalized treatment plans, including medication, laser therapy, and surgical options. Early detection and consistent monitoring are key to successful glaucoma management.

    At MCI, we prioritize patient education and support, ensuring you understand your condition and treatment options. Our specialists are committed to providing comprehensive care, helping you maintain your vision and overall eye health. Trust MCI for expert glaucoma treatment and dedicated patient care.

    MCI Clinic – glaucoma clinica

  10. Откройте двери в мир недвижимости с нашим сайтом!
    Получайте экспертные статьи от профессионалов в сфере недвижимости. Читайте о налогах на недвижимость, осуществляйте успешные сделки купли-продажи квартир, и всегда оставайтесь в курсе последних тенденций рынка.
    http://ufficioporta.ru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini