Belajar Literasi Digital

Next Generation Indonesia telah berdiri sejak tahun 2011 di Bandung. Kami memulai dengan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang memilih video game berdasarkan klasifikasi usia. Selain itu kami melakukan kajian konten pada video game untuk melakukan klasifikasi usia dalam bentuk rating Video Game. 

Dalam prosesnya Next Generation Indonesia mengembangkan beberapa pokok bahsan diantaranya adalah; (1) Adiksi Teknologi; (2) Media Literasi; (3)Hak Anak di Era Digital ; (4) Belajar di Era Digital &; (5) Ekonomi Digital

1,039FansLike
1,158FollowersFollow
0FollowersFollow
336FollowersFollow
409SubscribersSubscribe

#belajarliterasidigal

Merupakan sebuah kampanye agar seluruh masyarakat terutama orang tua di seluruh Indonesia untuk tak pernah lelah belajar memahami literasi digital.

Pelatihan Fasilitator

Indonesia adalah negara yang sangat luas. NXG Indonesia tidak mampu menjalankan visinya apabila bekerja sendirian. Perlu melakukan kolaborasi dengan banyak pihak. Salah satunya adalah dengan anak muda lokal secara langsung atau melalui lembaga-lembaga seperti perguruan tinggi dan organisasi kepemudaan. Kami percaya mereka memiliki keinginan dan kemampuan menciptakan ekosistem bermedia digital lebih baik.

Kami melakukan pelatihan singkat kepada mereka tentang prinsip-prinsip dasar digital literasi yang telah kami susun dalam sejumlah modul. Bila perlu kami pun sharing tentang tehnik dasar public speaking. 

Peratingan Video Game

Dalam upaya mengurangi penggunaan video game berlabel ‘Dewasa’ oleh anak-anak, NXG Indonesia membutuhkan tools yang tepat. Rating adalah satu ‘perangkat’ yang paling cocok. Dengan adanya rating, orang tua, guru, maupun pihak terkait lain dapat dengan mudah menentukan apakah video game ini layak untuk usia tertentu atau tidak. Metode yang digunakan adalah analisis isi. Kami mendeskripsikan konten-konten yang termuat, lalu membuat klasifkasi berdasarkan bobot penilaian tertentu pada satu video game.

Kelas Online - Next Talks

Next Generation Indonesia memiliki cabang di 4 kota yakni Bandung, Cianjur, Solo dan Makassar. Kondisi tersebut membuat kami untuk terus melakukan pembelajaran jarak jauh. Sebelum Pandemi Covid 19 beberapa kali kami melakukan kelas Online untuk peningkatan kapasitas relawan Next Generation Indonesia. Setelah pandemi kami terus melakukan kelas online untuk sharing pengetahuan. Kegiatan Online ini kami sebut dengan Next Talks. Setiap kegiatan menggunakan platform online seperti google classroom, zoom, instagram live, google meet dan youtube

Podcast - Next Radio

Podcast Next Radio merupakan podcast yang kami buat untuk menyampaikan informasi tentang litersi digital. Di dalamnya dibahas terkait hal-hal yang berhubungan dengan litersi digital dan perlindungan ankak. Podcast Next Radio bisa di dengarkan di semua platform pemutar podcast seperti anchor, Spotify, Goofle podcast, Aple Podcast dll